Menggunakan Konten Berkualitas Untuk Menjaring Konsumen

 


Konten merupakan salah satu strategi terpenting yang digunakan di inbound marketing yang merupakan konsep bagaimana cara agar customer datang menghampiri bisnis kita dengan sendirinya.  Fokus terhadap cara untuk menjalin hubungan baik dengan customer potensial yang bertujuan untuk meningkatkan transaksi berikut mengoptimalkan kepuasan customer yang berujung “word of mouth”.

Sebelum melakukan pembuatan konten dalam aktivitas inbound marketing, kita harus mengetahui hal-hal apa saja yang dibutuhkan dan dianggap penting oleh customer. Melakukan pembuatan konten yang memiliki potensi besar untuk dicari customer saat akan membeli produk/layanan dari bisnis milik kita. Lalu konten-konten apa saja yang bisa kita buat untuk menjaring lebih banyak customer, berikut ini merupakan beberapa rekomendasi konten yang dapat dibuat :

Penggunaan Konten Artikel Pada Blog

Menggunakan blog pada website ecommerce merupakan cara yang paling mudah namun memiliki benefit terbaik untuk mengundang customer potensial ke website anda, yang tipe kontennya adalah sebagai berikut :

1. Artikel mengenai aktivitas bisnis

Kita dapat membuat artikel mengenai program-program yang ada pada bisnis milik kita seperti artikel yang berisi hal-hal yang dilakukan perusahaan untuk memperbaiki layanan penjualan, kerjasama dengan perusahaan pihak ke tiga, perubahan fitur pada website dan hal terkait lainnya, dimana hal tersebut akan membantu customer untuk mengenali secara personal seberapa besar kepedulian perusahaan kita terhadap customer, berikut meningkatkan kredibilitas perusahaan baik secara langsung maupun tidak langsung.

2. Artikel mengenai cara, panduan dan tips

Hal ini merupakan salah satu cara terbaik untuk mengundang ketertarikan customer, contohnya kita dapat membuat artikel mengenai tips cara menggunakan produk yang kita jual sehingga customer akan teredukasi dengan baik atau customer dapat tertarik untuk membeli produk karena memahami fungsi dan fitur yang selama ini customer tidak mengetahui adanya hal tersebut.

3. Artikel mengenai berita umum

Produk yang kita jual tentunya memiliki berita-berita rilis terbaru yang dibuat oleh vendor/supplier apabila produk tersebut merupakan produk dengan brand yang cukup terkenal. Hal tersebut dapat kita jadikan sebagai bahan pembuatan konten untuk menarik perhatian customer. Sehingga akan memberikan kesan kepada customer bahwa website ecommerce bisnis milik kita merupakan website yang selalu menjual produk yang up to date.

4. Artikel Mengenai Produk

Membuat bahasan mengenai produk yang kita jual mulai dari ukuran, fungsi, warna, harga, dan hal terkait lainnya tentunya akan menjadi hal yang berguna bagi customer yang akan membeli produk tersebut. Selain itu kita dapat menggunakan konten dari review customer yang telah menggunakan produk tersebut dengan menggabungkan lebih dari 1 review customer untuk dijadikan 1 artikel.

Penggunaan Konten Video

Video merupakan konten visual yang memiliki daya tarik cukup hebat untuk mengundang ketertarikan customer, beberapa contoh konten video yang dapat dibuat adalah sebagai berikut :

1. Video mengenai detail produk

Detail mengenai produk yang diperlihatkan dalam video berdurasi pendek akan membuat customer lebih memahami produk yang akan mereka beli dan setidaknya akan membuat mereka menjadi lebih yakin saat akan melakukan keputusan membeli. Video yang dibuat bisa mengenai desain detail produk hingga bentuk dan perbandingannya dengan produk lain yang sejenis.

2. Video mengenai penggunaan produk

Melakukan pembuatan video mengenai kinerja produk yang kita jual juga akan membantu customer dalam menentukan keputusan pembelian suatu produk. Misalnya untuk produk elektronik, kita bisa melakukan pembuatan video berdurasi pendek mulai dari saat produk tersebut dinyalakan, mulai digunakan dan dimatikan.
Inti dari artikel ini adalah website bisnis berjenis apapun yang kita miliki,  sangat memerlukan adanya kepercayaan dari customer mengenai kredibilitas dan apabila faktor tersebut berhasil kita raih maka hal tersebut akan menjadi trigger untuk mengundang lebih banyak potensial customer ke website bisnis milik kita.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel