Cerita di Balik Smartphone Google yang Dirancang Xiaomi

Cerita di Balik Smartphone Google yang Dirancang Xiaomi
Donovan Sung, Director of Product Management and Marketing Xiaomi Global (Foto: Lely Maulida/Okezone).

Xiaomi adalah perusahaan mobile internet yang berdedikasi untuk menciptakan pengalaman pengguna dari segala aspek. Didirikan pada tahun 2010, perusahaan ini dengan cepat telah menjadi salah satu perusahaan teknologi terkemuka di Cina.
MTutorial News - Xiaomi Mi A1 akhirnya resmi mendarat di Indonesia. Smartphone ini merupakan hasil kerjasama Xiaomi dengan raksasa teknologi Google yang mengembangkan software-nya untuk Mi A1. Smartphone ini juga sekaligus sebagai debut pertama Xiaomi yang menggarap Android One. Google sendiri memang dikenal mengembangkan smartphone dengan menggandeng vendor lain.

Di balik kemitraan kedua perusahaan itu, Google yang menginisiasi Android One besutan Xiaomi. Dijelaskan Director of Product Management and Marketing Xiaomi Global, Donovan Sung, Mi A1 adalah smartphone pertama buah dari kemitraan dengan Google.

Ia menceritakan bahwa Google yang datang ke Xiaomi sebagai pembuka kemitraan kedua perusahaan. "Google datang ke kami setahun yang lalu dengan ide yang menarik untuk membawa Android One ke level selanjutnya. Jadi sekarang kami membawa Android One bukan hanya untuk entry level," kata Donovan dalam wawancara khusus, Rabu (20/9/2017).

Donovan juga mengatakan bahwa Google mencari vendor smartphone yang mampu merancang ponsel berkualitas. Kedatangan Google tentunya menjadi kesempatan emas yang diraih perusahaan asal Beijing tersebut sehingga Xiaomi bertandang ke Google untuk mencapai kesepakatan dengan membawa prototipe Mi A1.
Cerita di Balik Smartphone Google yang Dirancang Xiaomi
photo by: google.com
"Mereka (Google) datang ke kami dan itu merupakan kesempatan baik untuk merancang lini produk lain," ujarnya. Meski kedua perusahaan bekerjasama untuk merancang Android One melalui Mi A1, Google tidak serta merta berperan di sisi hardware perangkat tersebut.

Hardware Mi A1 sepenuhnya dirancang oleh Xiaomi baik dari sisi desain maupun spesifikasinya. "Ini dibuat oleh Xiaomi, hardware semuanya dari kami. Google berperan untuk software-nya, kemudian kami pastikan software itu cocok dengan smartphone yang kami rancang," kata Donovan.

Sebagaimana diketahui, Android One sebelumnya hadir dengan budget yang menyasar segmen entry level. Meski begitu, Mi A1 hadir ke kelas menengah dengan sederet fitur yang apik. Mi A1 disokong oleh prosesor besutan Qualcomm yakni Snapdragon 625 octa-core 2.0Ghz. Untuk performanya, Xiaomi menyematkan RAM 4GB dengan media penyimpanan 64GB serta sistem operasi Android Nougat Layar Mi A1 hadir dengan bentangan 5,5 inci beresolusi full HD.

Desainnya menggunakan material metal yang diklaim nyaman dalam genggaman pengguna. Fitur selanjutnya yang diusung Mi A1 adalah dual-camera yang dinilai setara dengan kamera DSLR. Xiaomi menyematkan lensa wide dan tele dengan resolusi masing-masing 12MP.

Hadir dengan baterai 3080 mAh, pengguna Xiaomi Mi A1 dapat mengisi ulangnya melalui USB port Type-C. Demi keamanannya, Xiaomi menyematkan teknologi fingerprint di bagian belakang layar.

Oke semuanya Segini aja dulu Untuk mengisi di Post hari ini yang dapat admin bagikan, semoga bermafaat dan menginspirasi kalian dan kita semua, informasi Cerita di Balik Smartphone Google yang Dirancang Xiaomi yang bisa saya sampaikan.  Jangan Lupa di LIKE, SHARE dan COMMENT kalau ada saran dan kritik yang anda punya untuk kemajuan blog ini.  Punya pengalaman lain ketika menjajal smartphone Xiaomi? Yuk bagikan di kolom komentar. Semoga bermanfaat.
sumber: okezone

Terimakasih

Tag: Informasi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel